Sambal Ibu Ro

Assalamu’alaikum.

Salam Kebahagiaan..^^

Waktu KKN (Kuliah Kerja Nyata) di daerah Jember, Jawa Timur. Saya mulai mengenal sambal yang “radak” lain dan  menurut saya enak..hehe..

Saat itu saya bersama teman-teman KKN menyewa rumah di salah satu penduduk desa, Ibu Ro namanya, untuk menginap selama lebih dari sebulan di sana.

Kemudian sekali waktu tuan rumah yang ramah, lugu dan baik hati itu memasakkan makanan untuk kami dan menghidangkan sambal khasnya yang ditaruh di mangkok sendiri dan dipisahkan dengan laukknya.

Saya memang suka pedas tetapi tidak terlalu suka juga sih..hehe..tapi sambal buatan Ibu Ro lain rasanya di lidah saya dan teman-teman  KKN saya pecinta sambal. Kemudian suatu hari saya menghampiri Ibu Ro yang umurnya sudah sekitar 45 tahun itu, saya sangat penasaran sekali resep sambal khas itu. Alhamdulillah..dengan senang hati Ibu Ro membeberkan cara memasak sambal enak itu, ini dia resepnya…^^

Bahan-Bahannya:

  1. Terasi
  2. Cabai rawit hijau
  3. Bawang merah
  4. Tomat
  5. Gula
  6. Garam
  7. Tomat
  8. Air jeruk purut secukupnya

Semua bahan-bahan di atas di”ulek” sampai halus…hehe.. Kemudian di”gongso” dengan dicampur minyak secukupnya.. Tunggu ampe baunya harum baru hidangkan… sebagai catatan saja..ketika memasak ini membuat orang yang mencium bau di sekitar dapur akan bersin-bersin apalagi yang memasak..hehe..

(sumber gambar: inforesep.com)

Sedap pokoknya sambal Ibu Ro..!! Saya sudah mencobanya dan teruji enak..!! Hehe..selain itu juga enak bagi lidah orang yang mencicipinya..^^

Terima kasih Ibu Ro atas resep sambalnya semoga ilmunya bermanfaat. Amin..

Sekian cerita kita hari ini. Semoga bermanfaat.

Salam Kebahagiaan..^^

Wassalam.

Oleh: Fauziah

NB: Mohon menjaga “orisinalitas’” tulisan ini. Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang “jujur”. Terima kasih.

Silahkan Komentar Anda

