Cara Bikin Mendol Enak

Assalamu’aikum wr wb

Salam Kebahagaiaan..^^

Dulu saya sudah mencatat untuk resep mendol waktu kelas 3 SMA untuk iseng-iseng aja.  Waktu itu resep ini saya dapat saat bertamu di salah satu sahabat saya waktu SMP, lebih tepatnya “berguru” pada neneknya..hehe.. Yah sekalian sambil bantu memasak di dapur, sungguh menyenangkan saat itu jika diingat kembali..^^

Ini dia resepnya, bahan-bahannya:

  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Ketumbar
  4. Laos
  5. Kecur
  6. Terasi
  7. Garam
  8. Daun Jeruk Purut
  9. Tempe (yang belum digoreng tentunya)
  10. Lombok (bisa besar atau kecil sesuai selera)

Cara bikinya:

  1. Ya semua bahan-bahan di atas di”ulek” ampe halus banget. Nah..bagian “ulek-mengulek” ini keahlian saya..hehe..
  2. Dibentuk agak pipih dan lonjong
  3. Setelah dibentuk lebih “afdol” jangan langsung digoreng ya didiamkan sekitar paling tidak 1 jam lah..biar rasanya lebih maknyus gitu..hehe..
  4. Mendol yang dibentuk bisa disimpan di dalam kulkas lho..
  5. Kemudian yang terakhir tentu digoreng

(sumber gambar: http://onit.multiply.com)

Resep ini sudah saya coba waktu KKN  dan alhamdulillah berhasil.Ohya kalau menggoreng tunggu agak berwarna sawo matang pada bagian bawah mendol yang kena minyak, jangan terlalu tergesa-gesa dibalik-balik dan gak sabaran, takut hancur bentuk mendolnya. Memang sih tidak mempengaruhi rasanya tapi gak enak aja tampilannya. Hehe..

Demikianlah cerita kita hari ini. Semoga manfaat.

Salam Kebahagiaan..^^

Oleh: Fauziah

NB: Mohon menjaga “orisinalitas’” tulisan ini. Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang “jujur”. Terima kasih.

Silahkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s