Cilok “Bikin Sendiri” Lebih Aman!

Assalamu’alaikum wr wb.

Salam kebahagiaan..^^

Kata cilok  berasal dari bahasa sunda lho.. Saya baru tahu itu juga dari orang sunda. Kata cilok berasal dari “aci dicolok” maksudnya kanji yang ditusuk (biasanya ditusuk memakai lidi). Walaupun bilangnya ditusuk tapi tetap saja kalau makan yah terserah caranya to?? hehe..

Jajanan ini rupanya banyak diminati oleh orang (tak peduli tua dan muda) karena rasanya yang enak. Namun kita harus hati-hati karena cilok sekarang ada tambahan formalin dan borak yang tidak baik untuk kesehatan. Salah satu contohnya dalam berita di http://www.malang-post.com/edupolitan/41274-teliti-cilok-siswa-smpi-sabilillah-temukan-borak.

Oleh karena itu, saya menjadi ingin share tulisan ini kepada teman-teman semua.Kesehatan emang sangat penting dan harus dijaga, itulah bentuk rasa syukur sebenarnya kepada Allah. Lagian juga lebih menyenangkan dan aman memasak sendiri di dapur kesayangan kita kan?? hehe.. Ini resepnya, bahan-bahannya:

  1. Kanji 1/4 kg
  2. Tepung 1/8 kg
  3. Bawang Putih
  4. Merica (bisa banyak atau sedikit tapi kalau terlalu banyak bikin pedas lho..)
  5. Garam

Nih..cara bikinnya:

  1. Bahan no. 3, 4 dan 5 di”ulek” ampe benar-benar halus
  2. Taruh bahan yang udah di”ulek” tadi di tempat yang agak besar (bisa mangkok besar)
  3. Kemudian dicampur ma kanji dulu dan tepungnya diaduk-aduk biar rata
  4. Adonan tadi dicampur dengan air panas yang udah mendidih kemudian diaduk-aduk ampe kenyal dan menyatu  dengan rata bumbunya. Kenapa harus dengan air panas? biar kanjinya nanti bisa dibentuk lebih mudah. Pengalaman bikin cilok gagal saya karena mencampur dengan air dingin jadi ya susah banget dibentuk bulat-bulat. Malah bentuknya bukan kayak cilok! jadi pipih dan lonjong kayak empek-empek palembang..hehe.. Selain itu juga jadi matang di luar tapi mentah di dalam.
  5. Dibentuk sesuai selera (umumnya sih bulat, kalau mau bentuk bintang juga boleh..emangnya bisa ya?? hehe..)
  6. Siapkan air mendidih dan dimasukkan semua cilok yang udah dibentuk tadi (dikira-kira sendiri jumlah ciloknya dengan besar pancinya ya..)
  7. Tunggu ampe ciloknya matang dan biasanya mengambang di permukaan airnya
  8. Hidangkan

(sumber gambar: lesly-septikasari.blogspot.com)

Boleh ditambah isi/ dalamnya cilok dengan daging ayam atau lainnya, sesuai selera. Bisa juga dihidangkan dengan sambal yang saya buat kemarin. Bahan-bahannya:

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Lombok/ cabai rawit
  4. Garam
  5. Kecap

Cara buatnya:

  1. Bahan no.1, 2, 3 dan 4 di”ulek” ampe halus
  2. Kemudian yang di”ulek” tadi di”gongso” dengan minyak secukupnya (kalau udah masak ini bikin bersin-bersin lho..hehe)
  3. Matikan apinya jika udah harum
  4. Tambahkan kecap (sebenarnya kalau tidak mau ditambah kecap juga tidak apa-apa, tapi kecap itu untuk mengurangi pedas saja)
  5. Hidangkan dengan ciloknya tadi

Bumbu untuk cilok bisa variatif, saya pernah tau ada cilok dengan bumbu pecel, yah..itulah sesuai dengan selera anda.

Inilah resep dari saya. Saya sudah mencobanya dan terbukti enak plus pedas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sekian cerita kita hari ini. Semoga bermanfaat.

Salam kebahagiaan..^^

Oleh: Fauziah

NB: Mohon menjaga “orisinalitas’” tulisan ini. Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang “jujur”. Terima kasih.

2 thoughts on “Cilok “Bikin Sendiri” Lebih Aman!

Silahkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s