Tips Menghafal Al-Qur’an

(Sumber Foto: http://indonesian.irib.ir/)

  1. Memiliki tekad yang sangat kuat  atau kesungguhan jiwa untuk menghafal Al-Qur’an.
  2. Mengetahui fadilah atau manfaat menghafal dan membaca Al-Qur’an.
  3. Wajib berwudhu jika ketika menghafal harus menyentuh lafal Al-Qur’an karena wajib hukumnya namun apabila menghafal lewat audio (mendengarkan) kemudian diikuti usahakan juga untuk berwudhu. Khusus untuk wanita yang mengalami haid/ menstruasi tetapi ingin tetap istiqomah menghafalkan Al-Qur’an boleh ikut menghafal tetapi haram menyentuh ayat suci Al-Qur’an dan melakukan wudhu. Sebaiknya hanya mendengarkan saja tanpa mengikuti melafalkan karena membaca ayat suci Al-Qur’an jika lebih dari 7 ayat menjadi haram hukumnya.
  4. Usahakan menghadap kiblat.
  5. Berdoa tulus kepada Allah agar bisa diizinkan menghafal Al-Qur’an karena yang memiliki segala ilmu dan melapangkannya hanya Allah. Apalagi Al-Qur’an adalah milik Allah yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah Saww.
  6. Banyak bershalawat karena terkait dengan penghormatan dan kecintaan pada Rasulullah Saww atas mukzizat Al-Qur’an.
  7. Ikhlas mempelajarinya dengan jiwa yang tenang.
  8. Banyak Tilawah.
  9. Istiqomah dalam mengerjakan hal-hal yang dijelaskan pada Al-Qur’an jadi berupaya bersikap seperti apa yang diajarkan oleh Al-Qur’an. Artinya tidak hanya menghafal saja tetapi butuh juga untuk menelaah isi kandungan Al-Qur’an untuk mempertebal keyakinan kita kepada Allah.
  10. Puasa Daud atau Senin-Kamis.
  11. Selalu Tahajjud karena bisa menciptakan ketenangan jiwa dan pikiran yang jernih dan cerdas.
  12. Sholat tepat waktu (alangkah baiknya ditambah dengan ba’diah dan qobliah) dan sedekah secara rutin.
  13. Puasa “perkataan dan perbuatan” yang sia-sia atau tidak berguna.
  14. Kurangi menonton TV tetapi kalau sungguh-sungguh menghafal tidak perlu menonton TV karena acara televisi didominasi pada  nilai-nilai “barat” yang sesat. Misalnya budaya zina (pacaran), perilaku konsumtif, fitnah, menggunjing, menyebarkan berita palsu mengenai perkembangan islam (teroris/ alien) dan lain-lain.
  15. Rajin mendengarkan alunan Al-Quran dimanapun agar terbiasa.
  16. Mempunyai amalan harian khusus setiap hari untuk beberapa surah di Al-Qur’an, misalnya tiap hari selalu tidak lepas membaca surah Ar-Rahman, Al-Waqiah atau bisa memilih surah-surah yang lain.
  17. Mempunyai waktu menghafal teratur dalam takaran minimal untuk tiap hari, misalnya waktu menghafal tiap hari adalah 30menit.
  18. Menurut pandangan beberapa para penghafal Al-Qur’an waktu yang terbaik menghafal adalah shubuh atau malam hari sebelum tidur.
  19. Sebaiknya saat menghafal jangan memakai Al-Qur’an Penerjemah agar fokus melihat ayat-ayat saja. Namun jika menghafal disertakan terjemahannya lebih baik memakai Al-Qur’an terjemah tidak masalah.
  20. Memakai mushaf yang sama misalnya ada mushaf Aisyah yang warnanya lebih cewek banget (pink gitu..) karena susunan dalam ayat dan baris tidak sama. Kalau bisa membeli mushaf lebih dari satu misalnya satu untuk di rumah,perjalanan dan lain-lain.
  21. Untuk mengawali dalam menghafal, perlu diperhatikan pula nomer-nomer surah dan pada juz ke berapa surah tersebut berada. Bisa dengan mencatatnya di handphone atau kertas dan ditempel di dinding atau upaya yang lain.
  22. Mulai menghafal dengan surah-surah pendek.
  23. Metodenya bisa “one day one ayat”. Membaca satu ayat sebanyak 20 kali dan diulang terus-menerus boleh juga ditambahkan mendengarkan sebanyak 20 kali nanti otomatis bisa hafal karena Al-Qur’an membutuhkan pengulangan untuk terus mengingat. Jika ayatnya panjang bisa dipotong misalnya 3 potongan kemudian tiap potongan juga dibaca 20 kali dan potongan selanjutnya sama lalu digabung ketiganya sebanyak 20 kali.
  24. Usahakan selalu menjaga wudhu setiap waktu. Artinya tidak hanya wudhu jika akan melakukan sholat dan membaca Al-Qur’an.
  25. Mendoakan orang lain agar bisa menghafal Al-Qur’an juga karena doa kebaikan akan kembali kepada kita berkali lipat. Misalnya doakan orang tua, kakek nenek, saudara, istri/ suami, anak-anak, sahabat dan sebagainya. Doanya bisa memohon kemudahan bagi mereka untuk menghafal Al-Qur’an dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Doa Menghafal Al-Qur’an

“Ya Allah rahmati untuk (dapat) meninggalkan maksiat kepada-Mu SELAMANYA selagi Engkau masih MEMBERI KESEMPATAN kepadaku. Kasihanilah diriku dari hal yang tak sanggup aku pikul. Karuniailah aku ITIKAD BAIK dan ketertarikan kepada hal yang Engkau sukai. TEGUHKAN HATIKU untuk MENGHAFAL KITAB-MU sebagaimana Engkau ajarkan kepadaku. Karuniailah aku untuk dapat membaca sesuai dengan Engkau sukai. Ya Allah, dengan kitab-Mu terangilah penglihatanku, lapangkanlah dadaku, bahagiakan diriku, bebaskan (belenggu) lidahku, kokohkanlah diriku atasnya dan bantulah diriku untuk hal tersebut. Sesungguhnya tiada penolong untuk hal tersebut kecuali Engkau, tiada Tuhan selain Engkau.”

Sumber: “Berbagai sumber”

NB: Mohon menjaga “orisinalitas’” tulisan ini. Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang “jujur”. Terima kasih.

One thought on “Tips Menghafal Al-Qur’an

  1. Subhanallah, postingannya benar-benar membuat saya tertegun. Apalagi arti isi do’anya. Amin semoga tahun ini Qatam sekali. Selama 16 tahun saya hidup di dunia tapi saya belum dapat menyelesaikan membaca Al-Qur’an sekalipun T.T

Silahkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s