Disiplin untuk Membangun Kebiasaan Baik Hingga Karakter Tangguh

Assalamu’alaikum wr wb.

Salam kebahagiaan..^^

Tulisan ini bagi saya sangat penting sehingga perlu disegerakan untuk ditulis. Yah.. kebaikan memang harus disegerakan.. benar kan?

Dulu saya mengobrol dengan salah satu teman saya yang mengikuti semacam Rumah Zakat gitu, lalu dia cerita panjang kali lebar pengalamannya di sana dan yang paling saya ingat ada semacam raport “Evaluasi Tiap Relawan”.

Oh ternyata evaluasi itu berupa daftar semacam kegiatan ibadah perhari gitu.. misalnya nih kayak contoh tabel di bawah ini:

Tanggal

Tahajud

Baca Surah Ar-Rahman

Baca Surah Al- Waqiah

Sedekah

Dhuha

12 April 2013

13 April 2013

14 April 2013

dst.

 Keterangan Tabel:

√ = udah dilakukan pada hari itu

– = belum dilakukan pada hari itu

Catatan tambahan:

Hal-hal di atas itu bisa disingkat untuk menghemat kertas kayak:

TTG= Tanggal

AR= Baca Surah Ar-Rahman

AW= Baca Surah Al-Waqiah

dst.

Contoh di atas kan tabel evaluasi ibadah yang sifatnya umum tetapi bisa ditambah hal lain, misalnya sholat tepat waktu, belajar bahasa arab, belajar bahasa inggris, kegiatan menulis, membaca buku, membuat ringkasan buku dll. Intinya Cuma tergantung kebutuhan kita… hehe

Tabel evaluasi ini InsyaAllah memotivasi kita menjadi lebih baik karena tiap saat kita bisa tau kapan malas dan giat.. jadi akan berusaha agar “centang” lebih banyak bahkan sempurna.

waktu2-1024x767

Kalau masih males garisin di buku tulis, Allah juga kasih kemudahan yang lain yaitu kemarin ketika cek  hape adek yang baru semacam Samsung Galaxy gitu. ada aplikasi yang kira-kira namanya “Evaluasi Kegiatan” kalau gak salah.. yah sejenis itulah..hehe,, maaf lupa namanya doank..

Aplikasi itu jadi lebih praktis kali ya bahkan ada data stastitik evaluasi kegiatan ibadah dalam presentase untuk perhari, perminggu dan perbulan. Sungguh ini membantu kita untuk menjadi lebih disiplin dan membiasakan hal yang baik sehingga membentuk karakter pribadi muslim yang tangguh.

Memang awalnya agak susah.. tetapi lama-lama akan biasa karena udah menjadi kebiasaan. Hal ini menjadi sangat penting karena Islam itu sungguh mengajarkan umatnya untuk disiplin dalam hal apapun.

Semoga bermanfaat tulisan ini, mohon maaf jika ada yang kurang sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah dan penulis sungguh manusia yang masih jauh sekali dari sempurna dan masih harus banyak belajar lebih giat lagi dalam kebaikan, insyaAllah..

Oleh: Fauziah

NB: Mohon menjaga “orisinalitas’” tulisan ini. Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang “jujur”. Terima kasih.

Silahkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s