12 Keyakinan Manusia yang Irrasional (Menurut Dr. Albert Ellis)

  1. Aku membutuhkan cinta dan pengakuan dari orang-orang yang signifikan bagiku. Aku harus menghindari sikap tidak merestui dari sumber manapun
  2. Untuk menjadi pribadi yang berharga, aku harus sukses dalam apapun yang kulakukan dan tidak melakukan kesalahan apapun
  3. Orang-orang seharusnya selalu melakukan hal yang benar. Apabila mereka melakukan perilaku menjijikan, tidak adil atau mementingkan diri sendiri, mereka harus disalahkan atau dihukum
  4. Segala sesuatu harus berjalan seperti yang aku inginkan. Bila tidak demikian maka hidup menjadi sesuatu yang tidak bisa ditoleransi
  5. Ketidakbahagiaanku disebabkan oleh hal-hal di luar kendaliku. Jadi hanya sedikit yang bisa kulakukan untuk merasa lebih enak
  6. Aku harus khawatir terhadap hal-hal yang dapat membahayakan, tidak menyenangkan atau menakutkan. Jika aku tidak mengkhawatirkannya, aku takut akan terjadi sesuatu
  7. Aku bisa lebih bahagia dengan menghindari kesulitan hidup, hal-hal yang tidak menyenangkan juga tanggung jawab
  8. Setiap orang perlu bergantung pada seseorang yang lebih kuat dari dirinya sendiri
  9. Peristiwa yang terjadi di masa laluku adalah penyebab masalahku. Semua itu masih terus mempengaruhi perasaan dan perilakuku sekarang
  10. Seharusnya aku ikut marah ketika orang lain menghadapi masalah dan ikut merasa tidak bahagia saat mereka sedih
  11. Tak seharusnya aku menanggung perasaan tidak nyaman dan sakit. Aku tidak bisa menanggungnya. Aku harus menghindari dengan segala cara
  12. Setiap masalah seharusnya mempunyai solusi yang ideal. Sungguh tak dapat ditoleransi bila tidak satu pun solusi dapat ditemukan

humanmindsmall

(sumber gambar: jejaklangkahklub.wordpress.com)

Sumber:

Buku yang berjudul Choose to be Happy 

Penulisnya Wayne Froggatt

Penerbitnya BIP (Kelompok Gramed)

Judul dalam bahasa Indonesia adalah Panduan Untuk Membentuk Sikap Rasional dan Realistik

Silahkan Komentar Anda

